Kritik dan saran silahkan disini

MENGETAHUI APA PERBEDAAN PERJALANAN IBADAH HAJI DAN UMROH

Ibadah haji adalah ibadah wajib bagi orang yang sudah mampu, termasuk juga menjadi salah satu rukun islam yang ke lima.

Ibadah haji tentunya sangat berbeda sekali dengan Ibadah umroh, bahkan orang-orang yang tidak faham cenderung memilih umroh karena pengaruh oleh marketing travel dan biro umroh. padahal dari faktor biaya  ibadah haji tentunya jauh lebih murah dibanding umroh, mengapa ?.. karena dengan berhaji kita memiliki waktu ibadah disana hampir 40 hari, sedangkan umroh kurang lebih dari 12 hari, saat haji kita dapat melakukan umroh berkali-kali. biaya umroh 20 juta lebih bahkan ada yang diatas 30 juta, sedangkan biaya haji reguler hanya kisaran 36 juta rupiah. 


Perlu diketahui jika orang mampu melaksanakan ibadah umroh berarti dia sudah berkewajiban untuk melaksanakan haji, karena secara tidak langsung secara finansial sudah bisa disebut mampu, dan apabila sampai ahir hayatnya dia belum melaksanakan haji, maka  dia masih memiliki hutang haji walaupun sudah berkali-kali melaksanakan umroh.

Bila orang sudah berniat dan mendaftar haji, membayar biaya awal  haji dan sudah mendapatkan porsi haji, kemudian harus menunggu sekian lama, dan ternyata meninggal sebelum keberangkatannya ketanah suci, maka gugur kewajibannya untuk melaksanakan haji.dan semoga yang demikian oleh Alloh sudah dihitung pahala niatnya seperti orang yang sudah menjalankan haji.

Disaat berhaji kita mampu melaksanakan umroh berkali kali, tinggal ambil miqot dan menggunakan pakaian ihrom , karena umroh bisa dijalankan kapan saja, setiap saat dan setiap waktu.

Bukit Marwa
Ahirnya ada pilihan yang tepat untuk solusi kedua pilihan antara Daftar haji atau umroh dulu,Ternyata pilihan Mendaftar Haji adalah lebih tepat, setelah mendapatkan porsi haji dan sudah memiliki niat berhaji, sambil menunggu antrian apa bila diberi rizki lebih,  baru silahkan melakasanakan ibadah umroh.

Kadang ada yang bilang antrian Haji lama mendingan Umroh, ingat jangan mudah terhasut, sekali lagi  ibadah haji itu wajib sedangkan umroh itu sunat. 

Rukun Islam terdiri daripada lima perkara, yaitu:
  • Syahadat: menyatakan kalimat tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu utusan Allah.
  • Shalat: ibadah sembahyang lima waktu sehari.
  • Zakat: ada beberapa macam zakat termasuk  memberikan 2,5% dari uang simpanan kepada orang miskin atau yang membutuhkan.
  • Saum: berpuasa dan mengendalikan diri selama bulan suci Ramadan.
  • Haji: pergi beribadah ke Mekkah, setidaknya sekali seumur hidup bagi mereka yang mampu.
ternyata Tidak ada umroh di rukun islam ya,
walaupun masa tunggu haji yang sangat lama, namun jangan kawatir, pemerintah tentunya memberi solusi yang tepat untuk para manula, karena sebagian besar para manula akan diberikan porsi kusus, percepatan haji, yang penting daftar dulu, kita tunggu waktu berangkat sambil meperbaiki diri mendekatkan diri kepada Alloh, ingat haji atau umroh itu bukan wisata.

Terus satu hal yang perlu diketahui, kosultasi ke ustat atau ulama dikanan kiri anda tentang pilihan ibadah ketanah suci yang tepat untuk anda, namun ingat harus para ustat yang independent lho... jangan kepada ustat atau ulama yang juga jadi marketing biro haji dan umroh karena feenya lumayan lho, semakin anda cepat berangkat semakin cepat pula fee mereka dapat.
H.udin

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 3:07:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×