Kritik dan saran silahkan disini

ANGIN PANAS DAN BADAI MATAHARI MENYEBABKAN HILANGNYA ATMOSFIR PLANET MARS

MARS adalah planet sehat seperti bumi sekitar 4,2 milyar tahun yang lalu, planet ini dahulu diperkirakan memiliki air dan oksigen , terdapat laut didalamnya.
Satelit Maven telah menemukan bahwa matahari penyebab utama planet merah kehilangan  atmosfer dan airnya. Planet mars memiliki atmosfer yang hampir sama dengan bumi namun ketebalannya lebih tipis dibanding bumi, Pada bulan Maret,  pesawat ruang angkasa menangkap badai matahari  yang mengenai atmosfer planet, badai matahari mengikis gas  atmosfer  sekitar  100 gram gas setiap detiknya.

perbedaan atmosfer mars dan bumi

Salah satu efek samping dari akibat pengikisan di planet mars adalah menciptakan aurora global yang menakjubkan di seluruh planet.
Angin  matahari terbesar dalam sejarah awal tata surya membuat planet mars kehilangan atmosfernya. Jadi miliaran tahun yang lalu, badai yang sangat besar ini memusnahkan atmosfer Mars.
Temuan itu dibuat oleh misi Maven, yang telah mengorbit di planet merah, Probe telah membantu NASA menentukan tingkat di mana atmosfer Mars saat ini adalah kehilangan gas akibat dari angin matahari. Temuan menunjukkan bahwa erosi atmosfer Mars 'meningkatkan secara signifikan selama badai matahari datang setiap saat.

Angin matahari berinteraksi dengan bagian atas atmosfer Mars, tapi dibelokkan melewati Bumi dengan medan magnet global (konsep artis).



 tanda air di permukaan planet mars , membuktikan bahwa air pernah ada di palnet merah ini



Satelit Maven diluncurkan pada 2013, telah mengorbit di sekitar Mars sejak September 2014.maven  memiliki delapan sensor yang berbeda dirancang untuk menganalisis Mars atas atmosfer, ionosfer dan interaksi dengan matahari dan angin matahari.
Data yang dikirim kembali oleh Maven telah memberikan NASA  wawasan tentang bagaimana hilangnya atmosfer Mars terjadi dari waktu ke waktu. Pengumuman ini datang hanya sebulan setelah NASA meluncurkan bukti air mengalir di permukaan Mars. NASA mengatakan 'jari gelap' terlihat di Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) .
Tanda-tanda ini, yang memperpanjang dan menggelapkan sebagai perubahan musim, adalah bukti pertama bahwa mahluk hidup dapat hidup di planet ini pada waktu itu. Namun, atmosfer Mars saat ini terlalu dingin dan tipis untuk kehidupan.
Maven juga sedang mempelajari proses hilangnya sumber kehidupan di planet ini – dan dampak  pentingnya hilangnya  atmosfer planet merah.

Bumi akan  bernasip sama seperti planet mars 

 mars dulu dan sekarang

Hilangnya atmosfir mars adalah pelajaran berharga buat kita semua,  walaupun dari hasil penelitian atmosfir kita jauh lebih tebal dibanding planet mars, namun kadaan yang terjadi di planet mars dapat terjadi dibumi, kebocoran admosfir kita perlahan melepaskan gas ke angkasa, tidak mustahil bila manusia tidak mampu menjaga kelestarian alam, bumi kita akan menjadi hamparan tanah yang tandus tanpa air seperti Planet Mars.

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 4:18:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×