Kritik dan saran silahkan disini

CARA MEMPERBAIKI PRINTER EPSON YANG HASIL CETAKNYA MEMBAYANG, BURAM , TEBAL TAPI TIDAK JELAS HURUFNYA

Saat ini printer adalah salah satu alat kebutuhan pokok dalam pekerjaan administrasi , sehingga alat pencetak ini tentunya sangatlah dibutuhkan oleh banyak pemakainya.

Hasil cetak printer tebal membayang

Kerusakan printer kadang terjadi pada saat kita sedang bekerja , tentu saja hal itu sangat menjengkelkan. ada berbagai macam kerusakan pada printer , baik itu kerusakan pada hardware atau software nya, namun untuk kerusakan software ,cara mengatasinya paling mudah tinggal di instal kembali software makan permasalahan sudah selesai.



 Posisi Encoder dalam Printer

kejadian hasil cetak printer membayang sering sekali terjadi , dan kadang bagi orang awam kerusakan itu identik dengan kerusakan head katride , namun itu juga bisa terjadim, tapi kebiasaan yang sering terjadi bila hasil cetak printer membayang atau tebal hal itu ditimbulkan dari encoder pada printer ,  encoder printer berfungsi mengatur kinerja gerak pada head katrid, apabila encoder bermasalah tentu saja posisi gerak head karide tidak pas atau presisi.

Encoder memiliki bentuk seperti negatif film , berwarna hitam seperti plastik , dan memiliki betuk panjang , a penyebab encoder tidak berfungsi dengan benar, biasanya karena terjadi goresan, atau kotor dan kotor itu bisa disebabkan karena debu atau tinta yang menempel pada encoder tersebut  .
langkah untuk meperbaiki sebagai berikut.

 Gammbar Encoder
 
Encoder Rusak dan kotor
 
  1. Bersihkan encoder , bila kotoran terlihat , dan bisa dibersihkan tanpa membuka kasing printernya
  2. Bila harus membongkar printer lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya, kemudian ambil dan bersihkan encoder secara hati-hati jangan sampai tergores.
  3. Bila kotoran membandel rendam dulu Encoder dengan air, kemudian bersihkan dengan pelan-pelan
  4. Jangan mebersihkan encoder dengan sabun , minyak , bensin atau sejenisnya karena dapat merusak encoder   
  5. Kemudian coba printer bila hasil cetaknya agak membaik  namun tidak dapat maksimal , berarti encoder harus diganti baru.
untuk meenghindari kerusakan pada encoder, jangan sekali-kali memegang encoder pada saat membersihkan printer , karena dapat menyebabkan  encoder menjadi membekas tinta atau debu sehingga rusak.cara tersebut berguna juga  untuk semua printer dengan merek yang berbeda, karena hasil cetak membanyang bisa terjadi pada printer merk epson, hp, cannon dan sebagainya,


Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 7:32:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×