Kritik dan saran silahkan disini

CARA MENGATASI ANAK REWEL TANPA SEBAB JELAS

jangan biarkan terlalu lama anak rewel tanpa sebab
penyebab anak rewel , ada beberapa faktor yang menyebabkannya.
  1. Disebabkan karena sakit atau demam yang tiba-tiba, hal itu dapat diketahui dari kondisi tubuh sibalita,   misal panas dan tanda yang umum lainnya.
  2. Karena sakit atau yang lain,misal sakit perut, cobalah berikan balita minyak telon disekitar perut dan punggung,a
  3. Atau mungkin balita terluka saat bermain, karena kurangnya pengawasan orang tua, untuk itu apabila balita rewel dan menangis terus cobalah periksa sekujur tubuh balita, apakah ada luka lebam, perhatikan hingga detail, mulai dari kepala sampai kakinya. 
Untuk lebih jelas tentang kondidi balita dan kepastiannya silahkan periksakan balita anda ke dokter , jangan tunda atau menunggu waktu yang lama, karena balita belum bisa mengutarakan apa yang dirasakannya.
Penyebab balita rewel tanpa sebab lainnya adalah suatu sebab yang kadang diluar akal manusia yang tidak mempercayainnya namun percaya atau tidak-percaya , gangguan mahluk halus juga bisa saja terjadi, 
untuk menghindari gangguan tersebut antara lain
  1. jangan bawa  balita ketempat yang dirasa angker
  2. jangan biarkan balita anda diluar rumah menjelang petang
  3. jangan bawa  anak ketempat kematian atau acara pekawinan, apabila itu perlu persiapankan persyaratan yang diperluakan ,biasanya tiap daerah atau suku caranya berbeda-beda.
  4. apabila orang tua baru saja  dari tempat orang meninggal jangan temui balita anda, lepaslah pakaian,di dapur, mandi dan bersihkan diri setelah itu baru temui anak anda.
Untuk melihat gejala anak anda diganggu mahluk halus
1. anak menangis tanpa sebab dan kadang sampai meronta-ronta, pandangan matanya tertuju kesatu arah ,biasanya kearah pojok rumah, atap, 
untuk mengggulanginya,
  1. Ambil air satu gayung, berdoa sesuai kepercayaan anda, yang intinya supaya anak terlindung dari hal-hal gaip. dan ucapkan"semoga tuhan mengabulkan dan semoga dengan air ciptaan tuhan ini pergi semua hal gaip yang mengganggu kami".
  2. Setelah berdoa, percikkan dengan tangan KANAN anda, sedikit-sedikit, tempat yang selalu dipandangi, balita anda, dan seluruh ruangan disekitar anda, dan rasakan keadaannya bila anda merinding tahan jangan takut, karena hal yang gaip tadi,akan pergi...

Ditulis oleh: news kompalmedia Updated at : 4:25:00 PM

16 komentar:

  1. emang benar. peraya gak percaya,,,makhluk halus suka iseng. nyebelin banget. anaku dibuatnya rewel sampai 2 malam, dan tidak mau makan kalo sore hari. alhasil aku ajak anaku urut di tempat emak, dan setelah diurut selesai emak bilang anak ni, ada yg ikutin, sampai rumah nanti buatkn kopi manis, dan kpo pahit, sama sediain brondong. wkwkwkwkwk sempet mikir apakah perbuatan ini musyrik?,,,,tapi ajaib, sesampainya dirumah dan di sediakan itu semua. anaku langsung nyanyi, joget, yah seperti biasanya, kalo malem bangun rewel cuman karna hawanya gerah, sama pengen minum. itu pengalaman saya tadi malam. senang bisa berbagi

    ReplyDelete
  2. mbak SRI ningsih : ngomong2 tuh kopi ama brondong diapain????

    trims sebelumnya :D

    ReplyDelete
  3. itu ditaruh di bawah tempat tidur anak

    ReplyDelete
  4. Saya pngn saran dari temen temen semua? Bagaiman cara mengatasi anak supaya g rewel krna di ganggu mahluk gaib? Karena pas hr raya idul fitri kmren anak sy selalu nangis tnpa keluar air mata dan selalu melihat atap rumah, td sy g percaya hal gaib bgitu..sy bawa kedokter 2x katnya tidak ada masalh ksehatn alias shat aja, lalu sy tnya temen sy, yg sdikit bs melihat hal gaib ( mahluk halus ) kt temen sy anak sy uda 1 minggu lbh di ikuti ama kunti dan jin, jd anak sy dr pas lebaran sampe 1 minggu lebih nangis melulu tnpa sebab, akhirnya sy minta di bantu ama temen sy untuk mengusir mahlus gaib itu, tp sebelumnya anak sy slalu nangis waktu di gendong ama istri sy aja tp tiap sy ada dirumh dan sy gendong nangisnya jarang, prnah waktu tngh malam anak sy bngun dr tidurnya langsung nangis, tp sy gendong,SY BACAIN SURAT AL FATEHA, AL IKHLAS, AL FALAQ, AN NASS, AYAT KURSI, DAN BACA SALAWAT NABI HMPIR 1JAM SY BACA SELAWAT NABI ALHAMDULLILAH TISURNYA TENANG SAMPE PAGI, TP BSOK SIANGNYA SAMPE NANGIS LAGI..AKHIRNYA SY COBA IKHTIAR MINTA TOLONG AMA TEMEN SY UNTUK MINTA DI USIR MAHLUK GOIBNYA, ALHAMDULILLAH UDA KEUSIR KTNYA, ANAK SY SEMPAT TENANG BEBERAPA HARI GA REWEL LG, TP KEMAREN SY DPT LAPORAN DARI ISTRI SY NANGIS LG SEHARIAN DR PAGI SAMPE SORE..? MELALUI RUBEIK INI SY MINTA DOA DARI TEMEN2 SEMUA UNTUK KESEHATAN ANAK SY,..SY JUGA BLUM SEMPET CERITA AMA TEMEN SY TENTANG ANAK SY NANGIS LG KENAREN, MAKANYA HR INI SY TIDAK BS MASUK KERJA UNTUK JAGAIN ANAK ST DULU,SY MINTA DOANYA DR TEMEN2 SEMUA, TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  5. ank sya jg rewel tyus smp sya kualahan nenangin ny..
    Sya bacain surat yasin 3x tyus ayat kursi 3x dan air na saya minumin air ny ke ank sya..
    Alhamdulillah ceria sedia kala.

    ReplyDelete
  6. sebenarnya caranya gamapang sdrku suganda, semua dari kita diberi kelebihan oleh Tuhan. Namun saya punya saran untuk anda, saya sering menangani kesurupan di beberapa tempat. Menurut saya sebagai orang jawa, hal2 itu terjadi karena kurang harmonis antara tubuh anak anda dengan sesuatau yang menjaga anak anda. Saya tidak akan menjelaskan banyak ttg hal itu, takut nanti salah. Intinya buatkanlah selamatan hari lahirnya ( neptu lahirnya) dengan nasi dan urapan, siapkan gelas berisi air putih dari sumber air (bukan dari PDAM ). kemudian isi gelas tersebut dengan air dan uang recehan. Pada nasi urap tersebut tambahkan kacang panjang melingkari nasi tanpa putus ( nasi dibuat lancip sesuai selera anda). pasanglah di pagi hari, kemudian di sore hari berdoalah sesuai keyakinan memohon perlindungan dari Tuhan melalui penjaga anak anda (ghaib). setelah itu tepuklah tempat tidur anak anda tiga kali. Lalu nasi urap tersebut dimakan oleh anggota keluarga yang lain. Dan akan lebih utama jika nasi tersebut dibagikan atau dimakan oleh kaum yang membutuhkan, jika perlu tambahlah sedekah untuk mereka. Saya yakin anak anda akan bersih dan makhluk2 ghaib itu akan segan dengan anak anda. jika anda masih bingung hub saya 081 804234378. jangan menganggap saya akan memanfaatkan ini untuk berbisnis. saya hanya ingin berbagi solusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kepercayaan nenek moyang masih berlaku juga

      Delete
  7. Anak sy pernah nanhis sampai satu minggu...
    Nangisnya histeris bngy pd saat umur 3 minggu...
    Awal 2 minggu anteng2 aja...
    Tiap mau ditaruh dikasur tidur lepas dr gendongan bangun nangis2 terus...begitu seterusnya
    Klo liat atap pojokkan slalu nangis ketakutan sambi . Tangannya seperti kaku...
    Dr magrib mulai nangis sampai jam 5 subuh baru bisa tidur...itupun digendongan sy...
    Klo dilepas di kasur nangis dlm waktu 5 menit skali
    Akhirnya percaya g percaya sy memanggil orang yg faham ttg ini...dan katanya mahluk halus yg ganggu anak sy...dia srmpat komunikasi sm jin itu...
    Katanya suka dngn anak sy...ingin ngajak maen...larna harum katanya...
    Perempuan itu di pojokkan halaman rumah dan tinnggalnya di dlm sumur yg g kepake sm skali
    Katanya klo ganggu anak sy rambutnya diputer2 panjang...mukanya luka2...wajahnya sngt menyaeramnkan...niatnua ngajakkin maen...tp malah biatbanak sy histeris terus...
    Akhirnya sy memutuskan tinggal kerumah. Mama saya...
    Alhamdulilah semenjak tinggal dirumah mama anak sy baik2 aja...dan normal...jarang nangis...

    ReplyDelete
  8. saya ikut prihatin dengan kondisi yang ibu alami, percaya atau tidak percaya kenyataan itu memang terjadi, sayapun pernah mengalaminya, namun anjuran yang saya terima dari nenek saya untuk memberikan dlingo blengke yang dihaluskan kemudian saya tempelkan pada ubun ubun, telapak tangan dan kakipun saya olesi,saya belikan gelang dlingo blengke, kemudian dibawah bantal tempat tidur anak saya berikan peralatan bayi ataranya gunting kecil, bawang putih, dlingo blengke yang saya bukus plastik , dibawah tempat tidurnya diberi sapu lidi yang sudah pernah dipakai kalau istilah jawa sapu gerang, sugesti atau tidak kenyataannya anak saya menjadi nyaman dan tidak pernah rewel lagi,yang katanya diganggu mahluk halus, kita tidak musrik kata nenek tapi memang sarana itu untuk mengusir mahluk halus atas kehendak Alloh dengan cara itu, mukin itu keliahatan aneh tapi aku mengalaminya, dan katanya itu cara turun temurun terbukyi ampuh, tapi saya sempat berfikir mungkin itu juga cara yang benar, cara pengusiran mahluk halus atau jin, dengan cara yang berbeda di tiap suku , atau daerah , karena konon katanya mahluk halus juga punya kepercayaan seperti manusia setiap daerah yang berbeda. saya tidak mengimani, tapi kenyataanya saudara dan tetangga saya bila anak rewel atau terkena sawan, cara itu benar-benar ampuh.yang memilik cerita yang berbeda mungkin bisa sama-sama cerita sebagai bekal untuk yang lainnya.

    ReplyDelete
  9. Ponakan saya usia 4 tahun.. Udah lama bgt.. Mau siang/malam setiap dia tidur ga lama selalu teriak" dan rewel.. Dari malam sampai pagi aja lebih dari 10x bangun" terus.. Nangis ngigo seperti ada yg mengganggu tidur nya.. Sampai kasihan ngeliatnya.. Bisa bantu solusinya ga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berkenan coba dengan cara saya di atas.

      Delete
  10. Sedikit berbagi pengalaman..anak saya usia 3 minggu rewel sepanjang malam,nangis tapi g keluar air mata..feeling saya mengatakan kalau ada mahluk lain yang iseng ke anak saya,lalu saya coba taburkan garam keliling rumah sambil bawa sapu lidi,karena ada yang bilang garam bisa mengusir mahluk halus.jadi saya pikir g ada salahnya mencoba.sewaktu keliling rumah perasaan merinding menyelimuti saya,tapi demi anak apapun saya lakukan,yang penting anak saya bisa tidur nyenyak..alhasil anak saya lumayan bisa tidur meski sesekali masih terbangun,tapi sudah tidak separah sebelumnya.semoga bermamfaat

    ReplyDelete
  11. Malam ini pertama kali saya mengalami hal ini. Anak saya nangis tanpa sebab, diapain gak mempan sambil terus bilang "emoh, emoh" saya sampai panik dibuatnya. Lalu saya bilang, kenapa? Siapa yang ajakin kamu kok kamu bilang emoh? Bilang sama mama, suruh ke mama biar nanti tak pukul, dikira mama takut?? Trus dia diam dan tidur di gendongan.
    Saat akan saya tidurkan di kamar, dia bangun lagi, minta turun gak mau di kamar dan bilang emoh emoh lagi.
    Lalu suami saya merokok di depan kamar dan beliau bilang, ambil garam, usapkan di kaki sikecil. Saya nurut, alhamdulillah kok tidur. Ini sambil nyetel surat Ar Rahman di hp gak brenti2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa karena kecapekan dan mungkin terlalu banyak bercanda dan bermain diwaktu siang Bun.dia seperti mengigau oleh memori dia saat bermain. namun juga bisa dikarenakan gangguan mahluk halus, ingat-ingatlah pada waktu siang anak kita melakukan aktifitas apa, karena bila anak terlalu capek karena banyak bermain kejadian itu akan terulang lagi,dan cara mengisi rohani anak untuk mendengarkan ayat-ayat al qur'an pada saat anak bermain dirumah atau saat sedang tidur itu sangat baik. semoga keluarga bunda terlindungi dari segala hal negatif. salam

      Delete
  12. Dari komentar yg ada..benar semua tidak ada salah...memang terkadang kita sebagai orang tua suka dibikin pusing dan kesal ketika anak kita rewel..dari pengalaman saya,satu hal yg harus diperhatikan bahwa anak kecil usia balita 1 sd 5 tahun orang jawa bilang masih bau kencur wangi masih mudah di ganggu oleh hal hal gaib...saya meminta bantuan tetangga saya yang memang bisa mengatasi hal hal gaib dengan air putih,dan beliau berpesan: orang tua yg bijak hendak nya ketika sampai rumah jangan langsung masuk ke kamar atau bercengkrama dengan balita,hendak lah cuci kaki muka atau mandi..karena kita tidak tau hal hal gaib apa yang mengikuti kita.dan sebisa mungkin berdoa minta keselamatan ketika sedang berjalan jalan begitu pesan nya..

    Bacakan doa al ikhlas.al falaq.an nas kemudian tiupkan ke kedua tangan dan basuhkan ke suluruh tubuh mulai dari kepala muka sampai ujung kaki 3 kali sebelum tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih info dan sarannya bunda, semoga bermanfaat untuk kita semua, memang betul bila kita habis dari bepergian jauh jika hendak masuk rumah lebih baik kita mebersihkan diri dulu.salam ya bunda

      Delete

komentarlah yang bijak dan membangun
Bila mengambil artikel , tautkan link http://kompalkampul.com

 




SUKA " BILA ARTIKEL BERMANFAAT


×